FREQUENTLY ASKED QUESTIONS |

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan anda hubungi BRI Call di 14017 atau 6221-57987400.

FAQ (Frequently Asked Questions) atau pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan tentang Call BRI adalah sebagai berikut

  1. Apakah yang dimaksud dengan Call BRI? Call BRI adalah fasilitas layanan perbankan melalui telepon selama 24 jam yang menyediakan informasi dan transaksi perbankan.
  2. Apakah tujuan serta manfaat dari Call BRI?
    • Memberikan pelayanan dengan lebih cepat dan efisien
    • Memberikan akses yang lebih luas kepada nasabah
    • Respon yang cepat atas perubahan kebutuhan nasabah
    • Meningkatkan loyalitas nasabah
    • Sumber Fee based Income
  3. Apa yang melatarbelakangi adanya Call BRI?
    • Adanya persaingan industri perbankan
    • Perkembangan teknologi dan system informasi
    • Tuntutan masyarakat/nasabah atas kemudahan bertransaksi
    • e-service outlet sebagai alternative pilihan
  4. Siapa saja pasar sasaran dari fasilitas Phone Banking/Call BRI? Pasar sasaran dari fasilitas Phone Banking BRI adalah semua nasabah BRI maupun non nasabah BRI
  5. Informasi perbankan apa saja yang dapat dilayani di Call BRI? Informasi perbankan yang dapat dilayani adalah informasi Produk dan Jasa serta lokasi ATM BRI dan Unit Kerja BRI (Kanca, KCP dan BRI Unit)
  6. Apakah yang dimaksud dengan IVR? IVR ( Interactive Voice Response ) adalah system computer yang dapat merespon perintah (informasi) yang dimasukkan melalui dial tone dari pesawat telepon.
  7. Apakah yang dimaksud dengan Agent/CSR di Call BRI? Agent/CSR (Customer Service Representatif) adalah petugas Phone Banking yang melayani permintaan transaksi keuangan nasabah atau memberikan informasi seputar produk dan jasa BRI.
  8. Fasilitas apa saja yang dapat dilayani di Call BRI? Fasilitas layanan perbankan yang dapat dilayani di Call BRI adalah :
    • Informasi (Information Inqury)
    • Transaksi
  9. Informasi apa saja yang dapat dilayani di Call BRI? Informasi yang dapat dilayani adalah :
    • Informasi Saldo
    • Informasi mutasi rekening
    • Permintaan salinan rekening koran melalui facsimile
    • Informasi Produk dan jasa layanan BRI
    • Informasi suku bunga, Kurs dan biaya
    • Informasi lokasi (Kanca/KCP/ATM)
    • Informasi tagihan
  10. Transaksi apa saja yang dapat dilakukan di Call BRI?
    • Transfer antar rekening di BRI ( BritAma-BritAma, Giro, Simpedes, Simaskot)
    • Pembayaran (Bill Payment)
      • Tagihan telpon
      • Tagihan PLN
      • Tagihan Satelindo Pasca Bayar
      • Tagihan IM3 Bright
      • Kartu Kredit BRI
      • Kartu Kredit dan KTA SCB
      • Pembelian Pulsa : a. Pulsa Simpati b. Pulsa Mentari c. Pulsa ProXL d. Pulsa IM3 Smart
  11. Berapa lama Phone Banking beroperasi? Call BRI/Phone Banking beroperasi selama 24 jam sehari , 7 hari seminggu
  12. Berapa nomor akses Call BRI ?
    • 14017 ( Wilayah Sumut, Pulau Jawa, NTT, NTB dan Bali)
    • 021-579 87 400 ( Diluar Wil diatas)
  13. Melalui berapa cara transaksi lewat Call BRI dilakukan? Ada 2 cara yaitu :
    • Lewat IVR ( Interactive Voice Response )
    • Lewat Agent/CSR (Customer Service Representatif)
  14. Apa ketentuan penggunaan fasilitas Call BRI?
    • Memiliki kartu ATM BRI dan berstatus Aktif (AA)
    • Melakukan registrasi Call BRI
  15. Dimana saya dapat melakukan Registrasi Call BRI?
    • Registrasi melalui ATM
    • Registrasi melalui Kanca dengan mengisi Form aplikasi layanan Call BRI
  16. Bagaimana cara melakukan registrasi Call BRI di ATM BRI? Langkah-langkahnya :
    • Masukan Kartu BRI/BritAma PrimeCard
    • Masukan PIN
    • Pilih menu transaksi lainnya
    • Pilih menu registrasi
    • Pilih menu registrasi Call BRI
  17. Dengan apa verifikasi terhadap nasabah yang akan melakukan transaksi di Phone Banking? Verifikasi akan dilakukan melalui Nomor kartu dan PIN yang dimasukan nasabah melalui pesawat telpon.
  18. Apa bukti nasabah telah berhasil melakukan transaksi di Call BRI? Adanya nomor referensi/nomor transaksi yang akan diinformasikan langsung oleh System atau CSR (Customer Service Representatif)
  19. Berapa digit nomor referensi apabila melakukan transaksi lewat IVR dan CSR?
    • Lewat CSR nomor referensinya 4 digit
    • Lewat IVR nomor referensinya 9 digit

FAQ (Frequently Asked Questions) atau pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan tentang BritAma adalah sebagai berikut:

  1. Apakah yang disebut dengan BritAma? BritAma adalah produk tabungan pihak ketiga dalam mata uang rupiah (IDR) yang penyetoran dan pengambilannya tidak dibatasi baik frekuensi maupun jumlahnya sepanjang memenuhi ketentuan
  2. Siapa saja yang berhak untuk membuka rekening BritAma? Seluruh masyarakat yang telah memenuhi ketentuan berhak untuk membuka rekening BritAma, baik individu maupun non individu. Secara lebih rinci yang berhak untuk membuka rekening BritAma adalah : a. Nasabah perorangan (individual) b. Nasabah non perorangan, yang meliputi : Perusahaan (Badan Hukum maupun non badan Hukum) Koperasi Yayasan Badan/Lembaga Badan Usaha lainnya kecuali Bank
  3. Dimana sajakah pembukaan rekening Tabungan BritAma dapat dilayani? Pembukaan rekening Tabungan BritAma dapat dilayani di Kantor Cabang BRI (Kantor Cabang Khusus (KCK), Kantor Cabang Pembantu (KCP) dan BRI Units Brinets).
  4. Bagaimana cara membuka rekening Tabungan BritAma ? Silahkan Anda menghubungi Kantor Cabang BRI (KCK, Kanca, KCP dan atau BRI Unit Brinets) terdekat dengan membawa asli bukti identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor). Kemudian Anda perlu mengisi Formulir Pembukaan Rekening dan menyetor dana minimum Rp 200.000,-
  5. Bagaimana Saya dapat mengetahui saldo rekening Tabungan BritAma Saya saat ini? Anda dapat mencetak saldo pada buku Tabungan BritAma di Kantor Cabang BRI terdekat. Bila Anda pemegang Kartu ATM BRI (Kartu BRI atau BritAma PrimeCard) maka Anda dapat melakukan pemeriksaan saldo di ATM BRI, ATM Bersama, ATM Link, ATM BCA dan Cirrus. Bila Anda pemegang Kartu ATM BRI dan telah melakukan registrasi Phone Banking Call BRI, anda juga dapat mengetahui informasi saldo melalui Call BRI, serta mencetak salinan rekening koran melalui facsimile.
  6. Manfaat/fasilitas apa saja yang dapat Saya peroleh bila memiliki rekening Tabungan BritAma? Banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh antara lain:
    • Dapat melakukan setor & tarik di seluruh Kantor Cabang BRI yang tersebar di seluruh Indonesia dengan membawa buku Tabungan BritAma Anda.
    • Dapat memiliki kartu ATM BRI (BritAma PrimeCard yang berfungsi pula sebagai kartu Debit sehingga Anda dapat:  melakukan transaksi tarik tunai, transfer, pembayaran di seluruh ATM BRI selama 24 jam. Berbelanja di seluruh toko/Merchant yang memasang logo Maestro dan MasterCard di seluruh dunia.
    • Fasilitas Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident) dengan premi gratis.
    • Mudahnya Transfer Dana Rutin Melalui fasilitas Transfer Otomatis, cukup satu kali instruksi di muka, maka bank akan mentransfer secara rutin sejumlah dana yang Anda tentukan ke rekening lain di Bank BRI.
    • Layanan Phone Banking Call BRI 24 jam. Dengan Call BRI Anda dapat melakukan berbagai transaksi perbankan melalui telepon selama 24 jam, di manapun dan kapanpun Anda berada.
    • Jaringan on line real time di hampir 1.000 unit kerja BRI di seluruh Indonesia, layanan 24 jam melalui lebih dari 700 ATM BRI , 4.713 ATM berlogo Link, 4.595 ATM berlogo ATM BERSAMA, 3.461 ATM berlogo ATM BCA serta 800.000 ATM berlogo Cirrus di seluruh dunia.
  7. Apakah yang dimaksud dengan Transaksi Antar Cabang (TAC)? Transaksi Antar Cabang (TAC) adalah transaksi penyetoran dan dan penarikan Tabungan BritAma melalui unit kerja lain rekening asala BritAma. TAC bersifat Real Time On Line di seluruh Indonesia.
  8. Bagaimana syarat dan ketentuan Pembukaan Rekening BritAma untuk Nasabah Perorangan? Syarat dan Ketentuan pembukaan rekening BritAma untuk nasabah perorangan adalah sebagai berikut :
    • Nasabah wajib mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening Tabungan BritAma
    • Nasabah wajib menyertakan bukti identitas diri nasabah yang masih berlaku, seperti (KTP/SIM/Paspor/KIMS/KITAP)
    • Mengisi formulir keterangan sumber dan tujuan pengunaan dana. d Mangisi dan menandatangai specimen tanda tangan.
  9. Bagaimana syarat dan ketentuan pembukaan rekening untuk anak dibawah pengampuan? Untuk pembukaan rekening bagi anak yang masih dalam pengampuan mengikuti ketentuan sebagai berikut :
    • Rekening atas nama anak dibawah pengampuan yang diwakilkan oleh orang tuanya wajib ditulis sebagai berikut : nama anak Cq nama orang tua atau nama orang tua Q/Q nama anak.
    • Data yang dientry ke dalam sistem adalah data si anak, tetapi dokumen identitas yang diserahkan adalah identitas milik si orang tua.
    • Nama gadis ibu kandung yang wajib dicantumkan dalam form aplikasi pembuatan rekening adalah nama orang tua si anak.
  10. Bagaimana syarat dan ketentuan Pembukaan Rekening BritAma untuk Nasabah Non Perorangan? Syarat dan Ketentuan pembukaan rekening BritAma untuk nasabah non perorangan adalah sebagai berikut :
    • Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening
    • Menyerahkan persyaratan antara lain, Akta Pendiriandan Anggaran Dasar, SIUP, SITU, NPWP.
    • Dokumen identitas pengurus yang berwenang mewakili badan usaha yang dimaksud. d Surat Kuasa/Penunjukan dari calon nasabah (non perorangan) denga persetujuan pengurus yang berwenang sesuai anggaran dasar, untuk mewakili badan terseut dalam melakukan transaksi keuangan di BRI.
  11. Bagaimana Ketentuan Penyetoran Tabungan BritAma? Penyetoran Tabungan BritAma dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Penyetoran Tabungan BritAma dapat dilakukan di Kantor Cabang/Kantor Cabang Pembantu dan Unit BRI Brinets dimana saja pada jam kerja kas yang telah ditentukan.
    • Penyetoran Tabungan BritAma dapat dilakukan dengan menyertakan buku tabungan maupun tanpa buku tabungan
    • Penyetoran dapat dilakukan secara tunai maupun pemindahbukuan (overbooking) d Penyetoran tidak dibatasi jumlah maupun frekuensinya.
  12. Bagaimana Ketentuan Penarikan Tabungan BritAma? Penarikan Tabungan BritAma dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Penarikan Tabungan BritAma dapat dilakukan di Kantor Cabang/Kantor Cabang Pembantu dan Unit BRI Brinets dimana saja pada jam kerja kas yang telah ditentukan.
    • Setiap penarikan, nasabah wajib menunjukan identitas diri dan buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening.
    • Penarikan Tabungan BritAma dapat dilakukan secara tunai maupun pemindahbukuan (overbooking).
    • Penarikan Tabungan BritAma di unit kerja asal (tempat) membuka rekening) tidak dibatasi jumlah maupun frekuensinya, sepanjang memenuhi syarat saldo terendah.
    • Penarikan Tabungan BritAma di unit kerja lain dengan fasilitas Transaksi Antar Cabang (TAC) sesuai dengan ketentuan TAC f Penarikan Tabungan BritAma juga dapat dilakukan menggunakan Kartu ATM BRI (Kartu BRI dan Kartu BritAma PrimeCard)
  13. Bagaimanakah Ketentuan Penutupan Rekening BritAma?
    • Penutupan Rekening BritAma hanya dapat dilakukan di Unit Kerja asal tempat membuka rekening.
    • Penutupan Rekening BritAma otomatis merupakan penutupan fasilitas Kartu ATM
    • Penutupan Rekening BritAma dapat dilakukan atas permintaan penabung yang bersangkutan, atau rekening tersebut telah menjadi rekening pasif sehingga ditutup secara otomatis oleh sistem.
    • Penutupan rekening BritAma atas permintaan penabung dipungut biaya administrasi penutupan rekening sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  14. Apa yang harus saya lakukan seandainya Buku Tabungan BritAma saya hilang? Apabila Anda kehilangan Buku Tabungan BritAma, hal-hal yang harus segera dilakukan adalah sebagai berikut :
    • Anda wajib untuk melaporkan ke Unit kerja pembuka rekening dengan menyerahkan surat pernyataan kehilangan dan dilampiri bukti laporan kehilangan dari kepolisian.
    • Buku Tabungan yang hilang dinyatakan tidak berlaku dan diganti dengan buku tabungan baru serta diberikan nomor rekening baru.
    • Apabila Anda juga merupakan pemegang Kartu ATM BRI, maka Anda wajib menyerahkan Kartu ATM BRI kepada unit kerja asal.
  15. Apakah yang dimaksud Asuransi BritAma? Asuransi BritAma adalah fasilitas tambahan bagi pemegang rekening BritAma, berupa asuransi kecelakaan diri (Personal accident), dimana premi sepenuhnya ditanggung oleh BRI.
  16. Resiko apa saja yang dijamin oleh Bank dalam Asuransi BritAma? Resiko yang dijamin oleh Asuransi BritAma adalah a. Kematian/Meninggal Dunia, b. Cacat tetap atau sebagian dan c. Biaya pengobatan rumah sakit sebagai akibat dari kecelakaan.
  17. Apa yang harus saya lakukan apabila saya ingin mendapatkan fasilitas Asuransi BritAma? Asuransi BritAma pada dasarnya adalah fasilitas yang diberikan secara langsung kepada nasabah BritAma yang memiliki saldo minimal Rp 500.000,-. Jadi bila Anda telah mempunyai rekening BritAma yang bersaldo minimal Rp 500.000,- maka otomatis anda berhak atas asuransi BritAma.
  18. Berapa besarnya Nilai Pertanggungan Asuransi BritAma? Nilai Pertanggungan Asuransi BritAma adalah sebesar Rp 250% dari saldo BritAma akhir bulan atau pada saat terjadi peristiwa, maksimal Rp 100.000.000,- (Seratus juta rupiah) per rekening.