Search
Halo! apa yang bisa Kami Bantu?
FAQ Tab active
Aset Penerbit
Tentang Ceria
Apa itu CERIA?
Produk pinjaman digital yang diluncurkan oleh BRI untuk pembiayaan transaksi di merchant online seperti e -commerce atau online travel site.
Berapakah limit pinjaman CERIA?
Limit pinjaman mulai dari Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) sampai dengan maksimal Rp. 20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah)
Berapakah tenor pinjaman CERIA?
Jangka waktu pinjaman CERIA adalah 1 - 12 bulan.
Berapakah suku bunga CERIA?
1.42% flat per bulan atau 26.95% effective per tahun
Berapakan batas usia nasabah yang dapat mengajukan fasilitas CERIA?
Minimal usia nasabah yang dapat mengajukan fasilitas CERIA adalah usia 21 tahun dan maksimal 50 Tahun
Siapa saja yang bisa menggunakan CERIA?
Semua nasabah BRI yang telah memiliki rekening BRI, kartu ATM rekening payroll BRI dan e-KTP
Apa Keuntungan menggunakan CERIA?
CERIA dapat memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi online untuk nasabah dalam bentuk angsuran dengan keuntungan :
1. Pengajuan pinjaman dilakukan secara digital melalui aplikasi
2. Persetujuan limit relatif cepat hanya membutuhkan waktu 10 menit
3. Tidak memerlukan agunan
4. Gratis biaya admin bulanan dan tahunan
5. Mendapatkan limit kredit maksimal s/d Rp 20 juta
6. Tenor pinjaman mulai dari 1 s/d 12 bulan
7. Dapat digunakan secara terintegrasi di merchant-merchant online terbaik di Indonesia yang telah menjadi partner CERIA
1. Pengajuan pinjaman dilakukan secara digital melalui aplikasi
2. Persetujuan limit relatif cepat hanya membutuhkan waktu 10 menit
3. Tidak memerlukan agunan
4. Gratis biaya admin bulanan dan tahunan
5. Mendapatkan limit kredit maksimal s/d Rp 20 juta
6. Tenor pinjaman mulai dari 1 s/d 12 bulan
7. Dapat digunakan secara terintegrasi di merchant-merchant online terbaik di Indonesia yang telah menjadi partner CERIA
Apakah pengajuan CERIA dapat dilakukan dari seluruh Indonesia?
Ya, anda dapat mengunduh aplikasi CERIA dari manapun anda berada dan dapat digunakan di merchant online yang telah bekerjasama dengan BRI.
Dimana saja saya dapat menggunakan CERIA?
Limit kredit CERIA anda dapat digunakan untuk berbelanja di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan BRI. Daftar Merchant dapat anda lihat pada halaman utama aplikasi CERIA.
Tentang Ceria
Bagaimana cara registrasi CERIA?
1. Download aplikasi CERIA di Play Store melalui HP Android
2. Masukkan nomor hp dan checklist pada Syarat dan Ketentuan CERIA
3. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui sms ke nomor hp user
4. Membuat PIN dan konfirmasi PIN
5. Akun CERIA berhasil dibuat
Selanjutnya pilih “Ajukan Limit Kredit”
Apa saja syarat untuk menjadi nasabah CERIA?
Syarat menjadi nasabah CERIA :
1. Warga Negara Indonesia
2. Memiliki e-KTP
3. Memiliki NPWP (opsional)
4. Merupakan nasabah simpanan Bank BRI
5. Memiliki kolektibilitas Lancar pada SLIK
6. Berusia minimal 21 tahun, maksimal 50 tahun
7. Tidak memiliki kartu kredit lebih dari 2 (dua) penerbit kartu dengan penghasilan dibawah Rp. 10 juta perbulan
8. Berpenghasilan tetap minimal Rp. 3 juta perbulan
9. Memiliki smartphone dengan sistem operasi Android minimal versi 4.4 yang terkoneksi dengan jaringan internet dengan nomor GSM atau CDMA yang terdaftar
Dokumen apa saja yang diperlukan dalam pengajuan CERIA?
Dalam pengajuan fasilitas CERIA, agar mempersiapkan dokumen sebagai berikut :
1. E-KTP
2. Nomor rekening BRI
3. Kartu ATM rekening BRI
4. NPWP (opsional)
5. BPJS Kesehatan (tambahan)
Dimana saya dapat membaca Syarat dan Ketentuan CERIA?
Syarat dan Ketentuan CERIA dapat dibaca pada halaman login aplikasi CERIA
Tentang Ceria
Bagaimana cara untuk mengajukan limit kredit CERIA?
1. Pilih tombol “Ajukan Limit Kredit”
2. Verifikasi rekening BRI dengan memasukkan nomor kartu ATM BRI yang aktif
3. Foto e-KTP
4. Isi data pribadi, keluarga, dan keuangan
5. Proses credit scoring
6. Putusan kredit selesai. Untuk melihat putusan kredit ditolak atau disetujui, user membuka email yang sudah didaftarkan di aplikasi CERIA
7. Verifikasi di email
8. Selamat kamu dapat limit kredit! Selanjutnya, proses aktivasi kredit
9. Pilih terima penawaran
10. Pembuatan digital signature
11. Memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor hp user
12. Swafoto
13. Selamat kredit kamu sudah aktif!
Apakah pengajuan fasilitas CERIA dan/atau melakukan transaksi akan dikenakan biaya administrasi?
BRI tidak mengenakan biaya administrasi kepada nasabah, anda hanya akan dikenakan biaya bunga sesuai dengan ketentuan yang berlaku ketika melakukan transaksi.
Bagaimana jika saya belum menerima/memiliki e-KTP, apakah saya dapat membuat akun CERIA?
Anda tidak dapat membuat akun CERIA jika anda belum memiliki e-KTP
Apa bedanya alamat domisili dengan alamat tempat tinggal?
Alamat tempat tinggal adalah alamat anda yang tertera di KTP dan Kartu Keluarga anda, sedangkan alamat domisili adalah alamat dimana anda tinggal saat ini, dan alamat domisili dapat berbeda dengan alamat tempat tinggal anda yang terdapat pada KTP.
Berapa lama pengajuan fasilitas CERIA saya diproses hingga memperoleh putusan?
Waktu normal yang dibutuhkan oleh sistem dalam memproses pengajuan fasilitas CERIA yang diajukan oleh nasabah (proses persetujuan) adalah 10 menit.
Apakah pengajuan pinjaman CERIA saya akan melalui proses pengecekan pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) milik OJK?
Proses pengajuan pinjaman CERIA anda akan melalui proses pengecekan pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK saat proses scoring untuk menentukan apakah anda layak diberikan kredit atau tidak.
Apa itu Credit Scoring?
Credit Scoring adalah sistem penilaian yang digunakan untuk memberikan penilaian atas pengajuan kredit anda. Credit scoring akan menghitung nilai kelayakan anda berdasarkan data-data yang anda masukkan seperti data diri, data kerabat dan data keuangan pada saat melakukan pengajuan. Data-data yang Anda masukan akan mempengaruhi persetujuan atas pengajuan anda sekaligus menentukan besarnya limit pinjaman yang anda dapatkan.
Apakah pengajuan pinjaman saya sudah pasti disetujui?
Putusan pengajuan pinjaman anda akan dipengaruhi oleh hasil penilaian anda. Penilaian anda akan dihitung menggunakan scoring engine yang dipengaruhi oleh: kebenaran data yang anda masukkan, histori pinjaman anda berdasarkan data SLIK, dan aspek penilaian lainnya.
Mengapa pinjaman saya tidak disetujui?
Beberapa kemungkinan penyebab pinjaman anda tidak disetujui antara lain :
1. Anda bukan Warga Negara Indonesia dan tidak memiliki KTP elektronik yang terdaftar pada Dukcapil
2. Anda belum memenuhi kriteria usia untuk mengajukan fasilitas CERIA
3. Hasil scoring pengajuan anda belum mencukupi untuk mendapatkan limit pinjaman
4. Penghasilan bersih anda belum mencukupi untuk mendapatkan limit pinjaman
5. Berdasarkan penarikan data SLIK historis pinjaman anda, terdapat pinjaman yang menunggak
6. Anda memiliki kartu kredit dengan jumlah 2 (dua) atau lebih dari bank penerbit yang berbeda sedangkan penghasilan perbulan anda dibawah Rp. 10 juta
Bagaimana jika saya tidak setuju dengan dengan limit pinjaman yang diberikan?
Pinjaman yang anda ajukan masih dapat dibatalkan sepanjang pinjaman tersebut belum anda setujui.
Apa yang dimaksud dengan Digital Signature/Tanda Tangan Elektronik? Mengapa saya memerlukannya?
Tanda tangan elektronik (digital signature) merupakan tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan otentikasi.
Tanda tangan elektronik yang digunakan dalam CERIA memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan basah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
Penggunaan Tanda Tangan Elektronik diperlukan sebagai pengganti tanda tangan basah untuk menyetujui dan mengesahkan Formulir Permohonan Pengajuan Fasilitas CERIA sebagaimana diatur dalam Ketentuan Bank Indonesia tentang Alat Pembayaran Menggunakan Kartu.
Mengapa diperlukan swafoto atas wajah saya saat proses aktivasi fasilitas CERIA?
Pengambilan swafoto (foto diri) merupakan proses pelaksanaan Know Your Customer sebagai pengganti dari pemenuhan kewajiban verifikasi tatap muka secara langsung sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 12/POJK.01/2017 tentang APU PPT
Mengapa sms OTP (One Time Password) tidak masuk ke No. HP saya?
Pastikan bahwa anda memasukkan nomor handphone anda dengan benar dan lengkap, serta pastikan nomor handphone anda telah ter-register dan aktif. Anda dapat mencoba untuk request ulang OTP tersebut melalui pilihan pada aplikasi. Jika masih belum menerima OTP, anda dapat menghubungi Contact Center BRI di nomor 14017 atau 1500017 untuk membantu anda.
Apakah setiap sms OTP yang saya terima dikenakan biaya/memotong pulsa saya?
Setiap sms OTP yang anda terima tidak mengurangi pulsa anda.
Jika proses pengajuan yang saya lakukan sempat terhenti, apakah saya bisa melanjutkannya?
Ya, anda dapat melanjutkan proses pengajuan anda dari tahap terakhir yang anda isi sebelum terhenti
Bagaimana login CERIA setelah sudah memiliki akun CERIA?
Anda hanya cukup memasukkan PIN akun CERIA
Bagaimana jika saya salah memasukkan PIN 3 kali secara berturut-turut saat hendak log in ke aplikasi CERIA?
Apabila anda salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut maka akun anda akan diblokir sementara, dan anda akan diarahkan untuk memperbaharui PIN anda melalui menu “Lupa PIN”.
Apakah saya bisa mengganti no handphone yang sudah terdaftar pada aplikasi CERIA?
Ya, anda dapat mengganti no. handphone yang telah terdaftar dengan mendaftarkan no handphone baru dan memasukkan OTP yang anda peroleh pada no handphone baru tersebut.
Bagaimana jika saya ingin mengubah data diri saya?
Anda dapat mengajukan permohonan perubahan data diri selain nomor handphone dan email dengan menghubungi Contact Center BRI di nomor 14017 atau 1500017
Apakah informasi diri saya aman?
Ya, melindungi Informasi setiap nasabah CERIA adalah prioritas kami. Informasi dan segala rahasia milik nasabah tersimpan dengan aman sesuai ketentuan yang berlaku di Bank BRI.
Data apa saja yang dapat saya ubah selain nomor handphone dan email?
Anda dapat melakukan perubahan alamat tempat tinggal dan gaji
Tentang Ceria
Bagaimana cara bertransaksi menggunakan CERIA?
1. Buka aplikasi merchant online yang telah bekerjasama dengan CERIA. Informasi merchant dapat dilihat di website bri.co.id/web/ceria
2. Pilih produk yang dikehendaki, masukkan keranjang
3. Pilih metode pembayaran CERIA
4. Login akun CERIA, masukkan nomor HP dan PIN
5. Pilih tenor cicilan
6. Konfirmasi produk yang dibeli
7. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui sms ke nomor HP
8. Transaksi berhasil!
Apa yang harus saya lakukan jika saya lupa PIN?
Apabila anda lupa PIN anda, anda dapat memilih menu “Lupa PIN”, dan sistem akan membantu untuk memperbaharui PIN anda melalui e-mail anda yang terdaftar.
Apakah transaksi menggunakan CERIA akan dikenakan biaya administrasi?
BRI tidak mengenakan biaya administrasi kepada nasabah, anda hanya akan dikenakan biaya bunga sesuai dengan ketentuan yang berlaku ketika melakukan transaksi. Apabila ada biaya transaksi, hal tersebut merupakan kebijakan internal merchant masing-masing.
Bagaimana jika limit CERIA saya telah dipotong, tapi transaksi pembelian saya gagal?
Apabila transaksi anda gagal namun limit kredit CERIA anda sudah terpotong, silahkan hubungi Contact Center BRI di nomor 14017 atau 1500017.
Bagaimana jika transaksi saya berhasil namun produk pembelian saya tidak terkirim kepada saya?
Anda dapat menghubungi merchant tempat anda melakukan pembelanjaan. Contact center masing-masing merchant dapat anda temukan pada website / aplikasi masing-masing merchant
Bagaimana apabila terdapat refund atas transaksi yang saya lakukan?
Apabila terdapat refund, maka nominal refund tersebut akan digunakan untuk menutup fasilitas cicilan (installment) Anda yang berkaitan dengan transaksi yang anda lakukan di merchant kerjasama kami dengan menggunakan fasilitas CERIA. Apabila dana refund tersebut melebihi total sisa cicilan anda maka kelebihan dana tersebut akan menjadi saldo kredit di rekening CERIA anda.
Apakah saya akan mendapatkan Reward/Poin jika bertransaksi menggunakan CERIA?
Untuk saat ini anda belum mendapatkan reward jika bertransaksi menggunakan CERIA
Apakah limit pinjaman saya dapat dicairkan secara tunai?
Limit fasilitas CERIA anda tidak dapat dicairkan secara tunai, limit tersebut hanya dapat digunakan untuk melakukan pembelian pada merchant online yang telah melakukan kerjasama dengan BRI
Bagaimana cara membayar fasilitas CERIA?
BRI telah mempersiapkan cara yang mudah untuk pembayaran fasilitas CERIA yaitu dengan autodebet. Dengan autodebet, pembayaran akan secara otomatis diambil dari rekening payroll BRI Anda, sehingga Anda tidak perlu membayar secara manual setiap bulannya.
Bagaimana bila saldo rekening autodebet tidak cukup?
Apabila saldo tidak mencukupi maka autodebet akan gagal dilakukan. Pastikan dana di rekening anda dalam jumlah cukup sebelum tanggal jatuh tempo untuk menghindari terjadinya keterlambatan pembayaran yang menyebabkan dikenakannya denda keterlambatan.
Apa yang harus saya lakukan apabila autodebet gagal pada saat jatuh tempo?
Apabila autodebet gagal dilakukan pada saat jatuh tempo, maka pastikan bahwa saldo anda mencukupi untuk dapat kami lakukan autodebet pada hari berikutnya.
Apa yang harus saya lakukan apabila ingin melakukan pembayaran ke fasilitas cicilan saya, tanpa harus menunggu auto debet pada saat jatuh tempo?
Autodebet akan dilakukan hingga 10 hari setelah tanggal jatuh tempo. Pastikan saldo anda mencukupi dan lakukan pengecekan rekening payroll anda untuk memastikan bahwa pembayaran telah berhasil dilakukan.
Bagaimana bila saya mengalami keterlambatan dalam melakukan pembayaran angsuran?
Kami akan mengirimkan pemberitahuan kepada anda baik dalam bentuk SMS, e-Mail, push notification, dan melalui telepon. Apabila terjadi keterlambatan pada pembayaran anda, maka kami akan membebankan denda keterlambatan (late fee) sebesar 3% dari total outstanding balance atau max. Rp. 150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah). Keterlambatan pembayaran akan mempengaruhi data kualitas pinjaman anda pada SLIK OJK serta penilaian credit scoring anda
Apa konsekuensi apabila saya tidak melakukan pembayaran fasilitas CERIA?
Apabila anda tidak melakukan pembayaran, maka anda tidak akan dapat melakukan transaksi pembelian online lagi sampai dengan anda melunasi kewajiban anda.
Anda akan terus mendapat pengingat untuk membayar selama anda belum membayar. Apabila anda gagal membayar, maka kami berhak mengambil tindakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Apa yang terjadi jika saya melakukan kelebihan pembayaran tagihan CERIA?
Nominal tersebut akan menjadi saldo kredit di fasilitas CERIA anda
Dapatkah saldo kredit di pinjaman CERIA saya ditransferkan ke rekening simpanan BRI saya?
Dapat, dengan beberapa syarat sebagai berikut :
1. Anda harus melakukan permintaan pemindahan saldo kredit tersebut melalui Contact Center BRI di nomor 14017 atau 1500017
2. Minimal saldo kredit sebesar Rp.100.000,00. Apabila anda akan menutup aplikasi/pinjaman CERIA nya
Apakah saya akan mendapatkan pengingat tagihan?
Ya, anda akan mendapatkan pengingat tagihan dalam bentuk e-Mail, SMS, dan push notification. Rincian detail tagihan anda dapat dilihat pada tagihan yang dikirimkan melalui e-Mail.
Tentang Ceria
Apa yang harus saya lakukan jika ingin memblokir pinjaman CERIA saya?
Anda dapat menghubungi Contact Center BRI di nomor 14017 atau 1500017 untuk melakukan pemblokiran setelah terlebih dahulu memberikan data-data pribadi yang akan diverifikasi oleh Agen Contact Center BRI
Apa yang harus saya lakukan jika ingin menutup pinjaman CERIA saya?
Anda dapat menghubungi Contact Center BRI di nomor 14017 atau 1500017 untuk mengetahui berapa nominal yang harus dibayar, kemudian nasabah mengisi rekening payrol minimal sebesar total payoff dan akan dilakukan pendebetan sesuai tanggal autodebet. Setelah total tagihan pinjaman CERIA terbayarkan, maka pinjaman CERIA anda akan tutup.
Tentang Ceria
Bagaimana cara saya tahu segala informasi terkait fasilitas CERIA saya?
1. Aplikasi CERIA
Informasi yang dapat Anda temukan di aplikasi CERIA antara lain:
● Riwayat transaksi
● Jadwal pembayaran angsuran (termasuk yang sudah jatuh tempo ataupun yang akan jatuh tempo)
● Limit pinjaman yang masih tersedia
2. Website: bri.co.id/web/ceria
3. Kontak BRI: 14017 atau 1500017